Friday, January 2, 2009

Bagaimana Melakukan Diskusi Matematika dengan Siswa?

Oleh: Marsigit
Jika seorang guru ingin melakukan diskusi matematika dengan siswa maka pastikanlah apakah diskusi akan dilakukan secara klasikal, pada kelompok atau secara individual. Berdasarkan pengalaman penulis, maka secara umum dapat diberikan semacam pedoman bagaimana seorang guru seyogyanya melakukan diskusi:
1. dengarkanlah apa yang mereka katakan
2. usahakan suasana bersifat mendukung diskusi
3. usahakan suasana berpikir merdeka
4. usahakan agar siswa mempunyai inisiatif
5. usahakan agar siswa mempunyai rasa percaya diri
6. gunakan kata-kata yang mudah dipahami oleh siswa
7. usahakan hubungan yang baik antara guru dan siswa
8. berusaha mengetahui ide/gagasan siswa
9. menampung ungkapan siswa sebagai informasi
10. utarakan balikan secara bertahap
11. gunakan ilustrasi untuk mempermudah komunikasi
12. menghargai setiap ide yang disampaikan oleh siswa
13. usahakan agar diskusi bersifat efaktif dan bermanfaat.
14. memahami bahwa siswa memerlukan penjelasan
15. fokus pada pertanyaan siswa/penanya (jangan Jawa: disambi)
16. memikirkan hal-hal yang terkait dengan pertanyaan.
17. memikirkan solusi jawaban
18. bersifat jujur dan terusterang
19. berpikir positif (tidak prejudice) terhadap si penanya
20. tidak mempunyai kepentingan ganda misalnya mengajukan pertanyaan yang sulit untuk tujuan menghukum
21. gunakan referensi-referensi untuk mencari solusi.
22. kembangkan sikap menghargai dan empati
23. hindari sikap menang sendiri/otoriter
24. letakkan persoalan pada jejaring konsep yang lebih luas
25. usahakan agar siswa senang melakukannya kembali
26. jika memungkinkan libatkan siswa yang lainnya
27. menyadari manfaat jawaban terbuka
28. menyadari bahwa pertanyaan siswa adalah awal dari pengetahuannya
29. memperhatikan alokasi waktu dan konteks sekitar

9 comments:

sitirokhani said...

I agree about teacher’s orientation on discussion that is written by Mr. Marsigit. A teacher must be capable himself on the correct position, and may not act that he is the only specialist in that problem. But, in fact, there are points that are not used by some teachers, for example :
1.Listen what he said
Many teachers is not sat on discussion, until finally did “question and answer” not a discussion.
2. Focus on student’s questions
Teachers usually doing others activities, too.
3. Get to know that student need explanation
Some teachers perfunctory about discussion, in fact, sometimes they ask another people to appreciating them.
4. Avoid an authoritative
Sometimes, when a teacher cared for discussion, that teacher give them more explanation until time is over.
Some teachers ask the student to discussion about some problem, but, in fact it is not a discussion, exactly it is a “question and answer”. They should see accros their students to be successful on discussion, and they must be capable on it.

agungzatmika said...

i agree with your information,my opinion if we to behave your information "how to make communicated of discussion mathematic". We can to good discussion. I verry agree with your information in point 3,4,5,6,20 because can help to build mentality students on discussion. I have a new opinion to you,I think we have friendly character and we always keep smile to students,that can make enjoy and happy on discussion

Anonymous said...

Read this articel made me sure that Mr Marsigit is very kind people. He always shared his experience to other people.
I very interested read his blog, especially this article.
I think this article can give suggested donation to teachers.
I was a student and I felt that Mr marsigit said is right.
As a student, sometimes I felt that teachers was being like smarter people in a discussion.
So, to all of teacher who had been read this article should have apply this orientation.
I thinik it's enough. I'm so sorry if there are my opinion that make you offended.
Thank you. . .

ety antikasari said...

I agree with your argument Mr.....
But, I want to ask how we controlling situation and condition of class when the student very noisy?
As a teacher, we must make conducive situation so our students concentration with lesson.
I hope, if I become a teacher, I make discussion which very enjoyed

listia_akhmad@yahoo.com said...

Akhmad Suhadi,PMA, 09709251019

Pada pemaparan dari Bapak sebetulnya tidak perlu saya komentari namun diri saya sebagai seorang pendidik hal sangatlah memberikan manfaat untuk referensi bagi saya agar suatu diskusi dengan siswa baik itu secara klasikal maupun individual dapat memberikan nilai tambah yang berarti, Thanks U, Dr .....

Frisca Anggun D said...

Artikel ini sangat menarik pak...:)
artikel ini dapat menjadi referensi saya sebagai calon pendidik. Bagaimana sikap yang harus saya ambil sewaktu melakukan diskusi dengan siswa. Terima kasih

09313244007
Pend. Mat Internasional'09

RIANA SINTA DEWI said...

Postingan pedoman yang Bapak post disini sangat membantu bagi kita calon pendidik nanti.
Tetapi untuk mempraktekkan itu semua tidak lah mudah. oleh karena itu, mulai dari sekarang kita harus mempraktekkannya mulai dari hal kecil seperti diskusi dalam kelompok. Mudah-mudahan kita bisa menjadi guru yang dapat memfasilitasi semua siswanya dengan baik. Amin......

Riana Sinta Dewi
09313244022
P. Matematika Internasional '09

Nuning Melianingsih (12709251024) said...

assalamualaikum wr.wb
saya setuju dengan pedoman-pedoman dalam diskusi menurut pengalaman bapak, tapi untuk point no. 4 dan 5, terkadang sulit untuk dipraktekan pak, karena siswa terbiasa menerima apa yang disampaikan oleh guru bukan mencarinya sendiri atau berinisiatif sendiri apalagi siswa kelas 7. mereka agak sulit untuk berdiskusi dalam proses pembelajaran. tetapi kemungkinan ketika pembelajaran dilakukan dengan diskusi secara kontinu, siswa lama-kelamaan akan terbiasa. dan saya setuju jika pembelajaran matematika dilakukan dengan diskusi karena dapat meningkatkan berpikir kreatif dan hubungan antara siswa dengan siswa atau siswa dengan guru akan berjalan dengan baik.
terima kasih pak, atas masukannya tentang pedoman-pedoman berdiskusi karena akan bermanfaat untuk metode pembelajaran di kelas ketika saya menjadi calon pendidik.

Unknown said...

Tulisan Prof. Marsigit dijadikan pedoman dalam membuar rancangan diskusi. Diakui secara sadar bahwa dalam berdiskusi kelas banyak pedoman tersebut yg tanpa sadar dilanggar. Setelah membaca postingngan ini, manjdi pengingat dalam melaksanakan proses belajar utamanya dalam berdiskusi di kelas. Kadang teori paedagogi terlupakan ketika berada di kelas, hal yg lumrah. Membaca artikel seperti ini akan memperbarui informasi kembali tentang teori paedagogi.