Sunday, December 20, 2009

Psikologi Golongan Darah

Psikologi Golongan Darah

Di referensikan oleh Silfi Yulian dari :
http://www.akhirzaman.info/tanda-akhir-zaman/asal-anda-tahu/1549-asal-anda-tahu-psikologi-golongan-darah

GOLONGAN DARAH

Di Jepang, ramalan ttg seseorang lebih ditentukan oleh golongan darah daripada zodiak atau shio. Kenapa? Katanya, golongan darah itu
ditentukan oleh protein-protein tertentu yang membangun semua sel di tubuh kita dan oleh karenanya juga menentukan psikologi kita. Benar apa tidak?

SIFAT SECARA UMUM :
A : terorganisir, konsisten, jiwa kerja-sama tinggi, tapi selalu cemas (krn perfeksionis) yg kadang bikin org mudah sebel, kecenderungan politik: "destra"
B : nyantai, easy going, bebas, dan paling menikmati hidup, kecenderungan politik: "sinistra"
O : berjiwa besar, supel, gak mau ngalah, alergi pada yg detil, kecenderungan politik: "centro"
AB: unik, nyleneh, banyak akal, berkepribadian ganda, kecenderungan
politik

BERDASARKAN URUTAN :
Yg paling gampang ngaret soal waktu :
1 B (krn nyantai terus)
2 O (krn flamboyan)
3 AB (krn gampang ganti program)
4 A (krn gagal dalam disiplin)

Yg paling susah mentolerir kesalahan org :
1 A (krn perfeksionis dan narsismenya terlalu besar)
2 B (krn easy going tapi juga easy judging)
3 AB (krn asal beda)
4 O (easy judging tapi juga easy pardoning)

Yg paling bisa dipercaya :
1 A (krn konsisten dan taat hukum)
2 O (demi menjaga balance)
3 B (demi menjaga kenikmatan hidup)
4 AB (mudah ganti frame of reference)

Menurut survey, gol darah yg paling disukai utk jadi teman :
1 O (orangnya sportif)
2 A (selalu on time dan persis)
3 AB (kreatif)
4 B (tergantung mood)

Kebalikannya, teman yg paling disebelin/tidak disukai:
1 B (egois, easy come easy go, maunya sendiri)
2 AB (double standard)
3 A (terlalu taat dan scrupulous)
4 O (sulit mengalah)

MENYANGKUT OTAK DAN KEMAMPUAN :
Yg paling mudah kesasar/tersesat
1 B
2 A
3 O
4 AB

Yg paling banyak meraih medali di olimpiade olah raga:
1 O (jago olah raga)
2 A (persis dan matematis)
3 B (tak terpengaruh pressure dari sekitar. Hampir seluruh atlet judo,
renang dan gulat jepang bergoldar B)
4 AB (alergi pada setiap jenis olah raga)

Yg paling banyak jadi direktur dan pemimpin :
1 O (krn berjiwa leadership dan problem-solver)
2 A (krn berpribadi "minute" dan teliti)
3 B (krn sensitif dan mudah ambil keputusan)
4 AB (krn kreatif dan suka ambil resiko)

Yg jadi PM jepang rata2 bergoldar :
O (berjiwa pemimpin)

Mahasiswa Tokyo Univ pada umumnya bergol darah : B

Yg paling gampang nabung :
1 A (suka menghitung bunga bank)
2 O (suka melihat prospek)
3 AB (menabung krn punya proyek)
4 B (baru menabung kalau punya uang banyak)

Yg paling kuat ingatannya :
1 O
2 AB
3 A
4 B

Yg paling cocok jadi MC : A (kaya planner berjalan)

MENYANGKUT KESEHATAN :
Yg paling panjang umur :
1 O (gak gampang stress, antibody nya paling joss!)
2 A (hidup teratur)
3 B (mudah cari kompensasi stress)
4 AB (amburadul)
Yg paling gampang gendut
1 O (nafsu makan besar, makannya cepet lagi)
2 B (makannya lama, nambah terus, dan lagi suka makanan enak)
3 A (hanya makan apa yg ada di piring, terpengaruh program diet)
4 AB (Makan tergantung mood, mudah kena anoressia)

Paling gampang digigit nyamuk : O (darahnya manis)

Yg paling gampang flu/demam/batuk/pilek
1 A (lemah terhadap virus dan pernyakit menular)
2 AB (lemah thd hygiene)
3 O (makan apa saja enak atau nggak enak)
4 B (makan, tidur nggak teratur)

Apa yg dibuat pada acara makan2 di sebuah pesta :
O (banyak ngambil protein hewani, pokoknya daging2an)
A (ngambil yg berimbang. 4 sehat 5 sempurna)
B (suka ambil makanan yg banyak kandungan airnya spt soup, soto, bakso dsb)
AB (hobby mencicipi semua masakan, "aji mumpung")

Yg paling cepat botak :
1 O
2 B
3 A
4 AB

Yg tidurnya paling nyenyak dan susah dibangunin :
1 B (tetap mendengkur meski ada Tsunami)
2 AB (jika lagi mood, sleeping is everything)
3 A (tidur harus 8 jam sehari, sesuai hukum)
4 O (baru tidur kalau benar2 capek dan membutuhkan)

Yg paling cepet tertidur
1 B (paling mudah ngantuk, bahkan sambil berdiripun bisa tertidur)
2 O (Kalau lagi capek dan gak ada kerjaan mudah kena ngantuk)
3 AB (tergantung kehendak)
4 A (tergantung aturan dan orario)

Penyakit yg mudah menyerang :
A (stress, majenun/linglung)
B (lemah terhadap virus influenza, paru-paru)
O (gangguan pencernaan dan mudah kena sakit perut)
AB (kanker dan serangan jantung, mudah kaget)

Apa yg perlu dianjurkan agar tetap sehat :
A (Krn terlalu perfeksionis maka nyantailah sekali-kali, gak usah terlalu tegang dan serius)
B (Krn terlalu susah berkonsentrasi, sekali-kali perlu serius sedikit,
meditasi, main catur)
O (Krn daya konsentrasi tinggi, maka perlu juga mengobrol santai,jalan-jalan)
AB (Krn gampang capek, maka perlu cari kegiatan yg menyenangkan dan bikin lega).

Yg paling sering kecelakaan lalu lintas (berdasarkan data kepolisian)
1 A
2 B
3 O
4 AB

"Nilai manusia, bukan bagaimana ia mati, melainkan bagaimana ia hidup; bukan apa yang diperoleh, melainkan apa yang telah diberikan; bukan apa pangkatnya, melainkan apa yang telah diperbuat dengan tugas yang diberikan Tuhan kepadanya." - Ministry

19 comments:

Kharisma Mei Resiwati said...

Isinya cukup menarik Pak Marsigit...saya percaya tp sekaligus tidak percaya dan meragu...jd seberapa besarkah hubungan antara golongan darah dengan sifat seseorang dalam kehidupannya??

NB: Kata-kata pada bagian akhir sangat dalam, saya menyukai sastra termasuk kata-kata mutiara di dalamnya....

psiko learning of mathematic said...

amazing...
sesuatu yang beLum pernah saya baca dimana - mana...sangat menarik,,,

.:. kharisma
percaya tidak percaya,,tapi kebanyakan sifat - sifatnya mirip res,,
he_

ERVINTA DEWI said...

assalamualaikum....
lama tidak bersua,,,

terimakasih infonya bapak...kalau saya hendak mengikuti blog bapak filsafat yang sekarang, sebaiknya saya follow kemana???

terimakasih,,,

Pasttita Ayu Laksmiwati said...

sangat setuju dengan satu bait terakhirnya pak.....
saya mencoba belajar untuk terus bisa memberikan apa yang bisa saya berikan dalam kehidupan saya dan tidak hanya menuntut.

Terrimakasih untuk pembelajarannya...

Nawang Shita Rekyandani said...

artikelnya menarrk Pak. Antara percaya dan tidak percaya, tetapi sebagian besar ada kecocokan dengan saya. Pesan di paragraf terakhir jg bagus, dengan begitu kita bisa memaknai hidup. Hidup akan lebih bermakna jika kita sanggup melaksanakan tugas kita dan bertanggung jawab

Taruga Runadi said...

Assalamualaikum..
Menurut saya hubungan antara golongan darah dengan karakter seseorang hanya bersifat relatif sehingga kita tidak dapat menilai seseorang semata-mata berdasar golongan darahnya. Misalnya saja di artikel disebutkan bahwa orang bergolongan darah O paling mudah gemuk dan golongan darah AB paling susah gemuk, padahal saya sendiri ber golongan darah AB dan saya gemuk sedangkan teman saya golongan darahnya O dan dia kurus,....

Fatikha Akfini AP said...

artikel yang sangat menarik dan tentu saja bisa menambah wawasan...

09313244012

Oktaviana Mutia said...

artikel psikologi golongan darah ini sangat menarik, banyak sekali pengetahuan dan karakteristik tiap-tiap golongan darah yang belum saya ketahui. :)
Sebagian besar, karakteristik golongan darah O di artikel ini sangatlah pas dan benar dengan kondisi saya, namun untuk golongan darh yg lain,seperti golongan darah A dan B belum benar, Pak.
:)
Akan tetapi,artikel tersebut dapat menambah pengetahuan saya mengenai karakteristik golongan darah.

Sangat setuju dengan Kata Mutiara itu, niali manusai bagaimna ia hidup, bagaimana ia berbuat,dan bagaimana ia memberi :)

Artikel ini sangat MEnarik.

Dessy Kristianto(09313244011) said...

artikel yang sangat menarik pak....
tp jujur... saya tidak percaya dengan ramalan. apalagi tentang golongan darah, sebab setelah saya membaca artikel ini, banyak yang tidak sesuai dengan karakter atau sifat saya, maupun orang-orang yang saya tahu golongan darahnya.
tp artikel ini sangat menarik buat saya.

Frisca Anggun D said...

Artikel golongan darah ini sangat menarik pak. Saya sangat setuju karena sebagian besar terdapat kecocokan. Artikel tersebut bisa dijadikan tolak ukur terhadap diri kita sendiri. Mungkin untuk memperbaiki kekurangan yang ada dalam diri kita. Saya juga sangat setuju pada bait terakhir. Kita jadi tahu dari mana nilai manusia dipandang oleh orang lain. Selain itu, artikel ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan terhadap golongan darah...:)

Terima kasih atas pembelajarannya...:)

09313244007

Riana Sinta Dewi said...

artikel tentang psikologi golongan darah ini menarik...ada beberapa yang cocok dengan saya. artikel ini bisa menjadi reference untuk melihat seseorang dengan acuan golongan darahnya tetapi artikel tidak bisa dijadikan satu-satunya tolak ukur karena manusia itu beraneka ragam.

saya sangat setuju dengan pesan pada bait terakhir, dimana hasil dari sesuatu dari apa yang kita kerjakan bukanlah ukuran tetapi proses dalam mencapai hasil itulah yang lebih penting...

terimakasih Pak

prima wijaya said...

artikel golongan darah yang bpk buat sangat menarik dan bisa jadi pengetahian bagi saya,, karena sebelumnya saya belum pernah membaca,tapi menurut saya hubungan antara karakter seseorang dengan golongan darah ini hanya relatif,, tidak semuanya itu cocok,,mungkin hanya sebagian saja yang kebenaran sama..jadi tidak bisa digunakan sebagai tolok ukur..

dan pada bait terakhir saya sangat setuju..kata-kata mutiaranya begitu bermakna.
terima kasih bpk marsigit.

09313244025

Elsa Winda Prastiana said...

artikel yang luar biasa..secara tidak lansung memberikan dampak positif kepada setiap pembaca...mungkin hampir setiap pembaca pasti mencocokkan artikel ini dengan pribadi masing - masing sesuai dengan golongan darah mereka,,dan memotivasi setiap kita untuk mencapai apa yang telah diulas..sungguh, yang paling berkesan di setiap pembaca adalah kata - kata mutiara di bagian akhir..mulai sekarang jangan tanyakan kepada orang lain apa yang telah orang lain berikan kepada kita namun bertanyalah pada diri kita apa yang sudah kita berikan untuk orang lain..

Fa said...

Assalamu'alaikum wr.wb.

Subhanalloh, ternyata dengan melihat jenis golongan darah kita, kita bisa melihat bahwa setiap manusia memiliki persamaan. Dimana pun kita dan bagaimana pun kita, kita bisa melihat ciri sifat manusia hanya dari golongan darah yang sama. Dan hal menarik yang bisa saya simpulkan dari artikel ini, tidak ada satu golongan darah pun yang paling dan paling buruk, oleh karena itu tidak sepatutnya kita sebagai manusia menyombongkan diri kita di mukan bumi ini.

Wassalamu'alaikum wr.wb.

Fauzia Rahmawati
09313244001
P. Matematika Internasional '09

Tanakka Morrchi on Blogspot said...

saya pernah membaca tentang bagaimana diet golongan darah, sejenis dengan yang Anda tuliskan dalam blog Anda, Pak.
Namun, setelah saya pelajari lebih lanjut saya mendapatkan informasi bahwa model penelitian tentang golongan darah didasarkan pada teori evolusi darwin.

saya yang awalnya percaya menjadi takut untuk percaya.

waalahu a'lam..

Artina Tarapti said...

Saya percaya bahwa PADA DASARNYA 'seperti apa' diri kita adalah tergantung kepada 'apa' yang kita masukkan kedalam tubuh kita (makanan&pikiran) atau 'apa' yang sudah ada dalam diri kita (genetik). Karena itu saya menganggap artikel bapak ini masuk akal juga (karena artikel tersebut diteliti berdasarkan jumlah kandungan protein).

Namun, menurut saya itu berlaku dalam konteks 'PADA DASARNYA'(secara mendasar/sebelum orang tersebut terpengaruh apapun), karena setelah orang tersebut mengkonsumsi religi, dan suntikan-suntikan perlakuan dari lingkungannya yang beragam, orang tersebut akan berangsur-angsur berubah dan tidak akan sama lagi dengan ketika dia masih pada posisi 'DASAR'.

Reni's blog said...

I very apreciate your article. it is new knoledge that i had read. after I read it, i think it will useful for teachers to know the character of their students. so, the teacher can apply the suitable method for teaching especially teaching mathematics.

RAF said...

Ini artikel yang sangat menarik Bapak :)
kita dapat mengetahui sifat-sifat yang baik yang bisa dipertahankan bahkan di-upgrade lebih lagi dan dapat memperbaiki diri dari sifat-sifat yang kurang baik.

saya masih suka mengikuti dan ikut menyimak blog Bapak walaupun dulu awalnya dari kuliah di awal semester. Tapi saya sangat suka membaca artikel Bapak yg bs menjadi inspirasi dan renungan agar hidup lebih bermakna dan bersyukur dg lebih baik.
alhamdulillah.

terima kasih Bapak, sudah sangat menginspirasi.

Nuning Melianingsih (12709251024) said...

assalamualaikum wr.wb
artikel yang memberikan banyak pengetahuan tentang sifat-sifat dan perilaku manusia berdasarkan golongan darah. sejujurnya terdapat kesamaan antara apa yang dikatakan dalam artikel bapak dengan kenyataan yang ada pada diri saya. Di balik perbedaan golongan darah, banyak manfaat yang dapat kita ambil.terima kasih pak, atas pengetahuannya tentang golongan darah..dan saya menyukai kata-kata mutiaranya.